Olimpiade Astronomi 2010

aduh, kali ini aku ga bisa bilang apa-apa selain CAPEK!
Hari ini emang cuma ada jadwal seleksi olimpiade astronomi tingkat wilayah. Tapi, ini benar-benar dari pagi sampai siang!
Soalnya emang cuma 50 (diluar dugaan sebelumnya yang sampai 100 soal)
Yaa.. dengan begini seengganya aku bisa SEDIKIT nyantai ngerjain soalnya. Huaah! Tapi, soalnya emang sedikit menjebak sih. Bisa aja kita ketipu sama jawaban dan soal yang harus dibaca ekstra teliti (lebay). hahaha
Ya udahlah, doain aku supaya bisa lolos terus sampai ke tingkat internasional ya *amin

Waktu aku nulis ini, aku baru aja selesai ikut yang tingkat kota Bandung. Ya.. itung-itung manjangin tulisan hehe. Tadi soalnya cuma 25 dan cukup menjebak. Ada beberapa soal yang aku ga ngerti. Emang, karena akunya yang kurang belajar kemarin. Tapi, aku tetep berusaha samaksimal mungkin ko ngerjainnya. Aku YAKIN pasti bisa! Harus yakin! Aku ga mau nyerah gitu aja. *Intinya, minta didoain lagi biar bisa lolos lagi.
Janji, kalau lolos mau belajar lebih giat lagi. Masalahnya, ini yang pertama dan yang terakhir. Taun ini kan aku udak kelas 11, jadi tahun depan udah ga bisa ikut olimpiade lagi. Hiks, sedih😦
Tapi berita baiknya tadi boleh pake kalkulator kok!
Dan tau ga? tadi begonya aku, kan dikasih waktu 150 menit untuk ngerjain. Selama kurang lebih 120 menit aku malah bengong. Mikir, ini soal apa jawabannya ya?
Otak aku baru “jalan” di 30 menit terakhir dong! hahahaha. Kacau banget. Tapi ga boleh pesimis walau gitu. Harus tetap dan selalu OPTIMIS pasti bisa! Amin🙂

related post : sabar

tau diri dikit dong

40 Komentar (+add yours?)

  1. Afdhal Jauhari
    Mar 05, 2010 @ 13:05:43

    Assalamualaikum, Alifa!

    Salam kenal.
    Baru kali ini ikut Olimp Astro?
    Astronomi itu mudah, kok. Kuncinya belajar dan berdoa dan jangan lupa restu dari kedua orang tua. Selebihnya faktor hoki.
    Ada beberapa tmn yang memang jago dan pinter dengan persiapan yang begitu matang. Ketika tes, mereka jatuh. Bahkan baru ditingkat kota. Sedangkan yang awam dan tidak tahu apa2 tentang astronomi dengan modal mtk dan fisika seadanya, justru mereka yang lolos. Bahkan hingga tingkat nasional.
    Ternyata hoki juga main disini. Kembali lagi pada diri masing2 dimana ada usaha, disana ada kesuksesan.
    Buku referensi yang biasa dipake itu “Astronomy – Principles and Practice 4th ed. – A. Roy, D. Clarke.” Sama buku diktat dari ITB Menuju Olimpiade Astronomi dan ada sebuah buku yang soalnya kadang sama persis dengan soal2 olimpiade (rahasia… entar jadi juara semua dong…! hehehe).

    Oke deh, Sukses Selalu.
    Dan semoga sukses hingga Internasional.

    Wassalam.

    M Afdhal Jauhari

    Balas

  2. alifamariani
    Mar 06, 2010 @ 16:42:41

    Walaikumsalam Ka Afdhal. Iya nih, saya baru ikut olimpiade astronomi untuk yg pertama kalinya. Alhamdulillah lolos yang tingkat wilayah, lagi nunggu+persiapan ke tingkat kota. Insya Allah akhir Maret atau awal April katanya. Doain ya..🙂
    Wah, bukunya bagus banget ya? Kemarin saya sempat mampir ke blognya kaka lo. Bagus🙂
    Saya juga ikut download beberapa soal latihan tuh. Tapi, yaaa kan masih konsen ke UTS, jd belum dikerjain deh. hehe. Boleh juga saran bukunya, nanti saya saranin ke guru pembimbingnya. Tapi, nyarinya dimana ya?

    Balas

  3. teguh
    Apr 04, 2010 @ 18:52:23

    wah.. komennya keren2.
    Kalau takut bahas soalnya.. bagi2 sedikit dong soalnya.. yang rumitnya aja..
    hhehehe😄 jadi penasaran nih!

    Balas

  4. DYANA
    Apr 14, 2010 @ 14:39:35

    Duch… bingung nui. . .
    mau ngehadapin soal olimpiade bulan juli ntar….
    kira-kira bisa ga iia….

    Balas

  5. DYANA
    Apr 14, 2010 @ 14:43:27

    Duch… bingung nui. . .
    mau ngehadapin soal olimpiade bulan juli ntar….
    kira-kira bisa ga iia….

    do’ain dong moga bisa yeaah…………….
    moga dyana bisa masuk 3 besar
    kan asyik tooo…ntinya bisa ikut masauk olimpiade nasional he he he he he he he……………………

    Balas

  6. yuni
    Apr 19, 2010 @ 20:59:24

    iya nih bsk aq olimpiade astronomi doain guenya……………

    Balas

  7. hanif ashari
    Mei 13, 2010 @ 11:10:42

    alhamdulillah saya lolos ke tingkat provins,
    saya mau nanya…
    dimana yang nyediain buku” tentang astro…..
    saya bisa pesan dimana…
    sampai sekarang saya hanya memiliki pegangan berupa menuju olimpiade astronomi jilid 1, dari ITB, saya merasa sangat kurang,,,
    mohon bantuannya……

    Balas

    • Afdhal Jauhari
      Mei 13, 2010 @ 19:06:35

      Baca semua postingan di atas, sudah diinformasikan.😉
      Sukses selalu ya!😉

      Regards
      M. Afdhal Jauhari

      Balas

    • alifamariani
      Mei 18, 2010 @ 16:31:37

      SELAMAT! Hanif, bener kata Ka Afdhal, kamu bisa liat comment sebelumnya. Disana tercantum alamat web dimana kamu bisa download buku bagus tentang astronomi. Gud lak ya!

      Balas

  8. NurIndra
    Mei 29, 2010 @ 17:42:03

    duh… deg degan nie… kirain kemaren ga lolos waktu seleksi tingkat kabupaten… alhamdulillah lolos.
    ini juga yg pertama kalinya aq ikut. pilihan pertama sih Biologi, tpi stlh ngeliat saingan yang cukup berat.jadinya banting stir ke astro.. hehehe…
    minta soal yang tahun2 kemarin donk,…
    thanks..

    Balas

  9. Hanif ashari. .
    Jun 27, 2010 @ 07:44:49

    Alhamdulillah lagi,
    lolos kenasional, bertempur ntar di medan,
    oya,
    saya mw nanya?
    Bgaimana sih skema olimpiade kalo di nasional,
    praktekx seperti apa?
    Baru pertama kali ikut di nasional

    Balas

  10. Hanif ashari. .
    Jun 28, 2010 @ 08:04:18

    Makasih. .
    Ya. .
    Maaf kalo ada kata”x yg salah. .
    Semangat bwt kamu,
    mana tau taun dpn dikasih jalan ma allah, malah sampe internasional. .
    Amin. .

    Balas

    • alifamariani
      Jun 28, 2010 @ 11:09:22

      Hmm.. sebenernya sih ga apa2. Tapi ini cuma bisa dibilang sekedar kasih tau aja😛
      Udah aku kirim ke email kamu ya semuanya. Cek aja

      Balas

  11. Hanif ashari. .
    Jun 29, 2010 @ 12:11:42

    Terima kasih. .

    Balas

  12. Trackback: Tau Diri Dikit Dong « MY AMAZING LIFE
  13. luish
    Agu 19, 2010 @ 09:07:17

    kak,,,minta soal astronomi yang kemarin di Medan itu donk!!!!!!!

    Balas

  14. ALIEMARS
    Agu 22, 2010 @ 06:57:44

    WHERE YOUR PLANET… I WANT TO KNOW YOUR CULTURE

    Balas

    • alifamariani
      Agu 23, 2010 @ 09:32:56

      Selamat datang alien mars dari jakarta! Saya alien dari venus. Planet saya ada di semua toko yang menyediakan bedak. Silakan tanya sama penjaga tokonya, “cari venus”. Pasti langsung dapet deh
      *IP-nya terdeteksi loh

      Balas

  15. NELAKATSUKI
    Sep 20, 2010 @ 20:26:59

    bagus .. juga kamu jago astronomi ..ya ..

    Balas

  16. fitri olivia
    Mei 10, 2011 @ 20:24:22

    bingun ni ,,besok maw olimpide astronomi tapi ksiapan que blum mantap

    Balas

  17. Agus Budi Prasetya
    Mar 17, 2012 @ 17:06:15

    Assalamualaikum.
    maaf ganggu, saya ikut olimpiade astronomi.. dan tentunya
    butuh referensi bisa minta materi2 yg bs saya pelajari
    mgkin bs kirim ke email saya aja
    thanx before n after.
    Salam kenal

    Wassalamualaikum

    Balas

  18. Mimi
    Mar 26, 2012 @ 13:51:12

    Assalam…
    saya mau tanya materi2 untuk saya pelajari menghadapi Olimpiade Astronomi ada ga ? kalau da apa saja ? maaf merepotkan
    makasih sebelumnya ^^
    Wassalam

    Balas

  19. Mimi
    Mar 26, 2012 @ 13:52:03

    Assalam…
    saya mau tanya materi2 untuk saya pelajari menghadapi Olimpiade Astronomi ada ga ? kalau da apa saja ? maaf merepotkan
    makasih sebelumnya ^^
    Wassalam

    Balas

  20. jauhariafdhal
    Mar 28, 2012 @ 07:26:01

    Waduh… seperti biasa… sindrom olimpiade astronomi… pada rajin banyak nanya minta soal, minta dibahasin… sms terusss.. Bagus si🙂
    Tapi, kalo dah lolos dpt emas apalagi sampai ke internasional, ya gitu deh… jangankan nanya, nyapa aja enggak… hehehe iya ga alifa? ^.^
    Goodluck deh buat semuanya🙂

    Balas

  21. jauhariafdhal
    Mar 28, 2012 @ 07:27:17

    Waduh… seperti biasa… sindrom olimpiade astronomi… pada rajin banyak nanya minta soal, minta dibahasin… sms terusss.. Bagus si🙂
    Tapi, kalo dah lolos dpt emas apalagi sampai ke internasional, ya gitu deh… jangankan nanya, nyapa aja enggak… hehehe iya ga alifa? ^.^
    Goodluck deh buat semuanya🙂 hehehe

    Balas

    • ams
      Apr 09, 2012 @ 17:13:56

      Setuju deh sama kamu! Hahaha
      Iya nih ka, mendadak banyak yang nge-email. Semoga aja nanti kalau udah sukses ga lupa sama yang bantuin.

      Balas

  22. salma difa masti
    Sep 19, 2012 @ 18:05:18

    assalamu’alaikum..
    saya butuh referensi buat olimpiade astroonomi, buku yg bagus judulnya apa ya ? trus belinya dimana ? Makasih ya.. kalo ada yg mau share info, email aku aja..
    salmadifa@ymail.com

    Balas

Tinggalkan Balasan

