Bangga Jadi Orang Indonesia

Saya bangga menjadi diri saya sendiri. Sebagai mana saya bangga menjadi Warga Indonesia. Saya bangga lahir dari orang tua yang asli Indonesia  dan juga besar di Indonesia, karena itu berarti, saya memang dilahirkan untuk menjadi 100% orang Indonesia. Saya bangga bisa bersekolah di Indonesia. Karena, mutu pengajaran dal para pelajar dari Indonesia tidak kalah dengan yang dari luar negeri😀

Suatu hari, saya berpikir tentang Atlantis ; benua yang hilang. Lalu, saya pun encoba mencari infonya di Mbah Google. Ternyata, saya menemukan info bahwa kabarnya, Atlantis itu adalah Indonesia lo! Wah, saya jadi tambah bersyukur dilahirkan di tanah khatulistiwa ini. Apalagi, menurut cerita, Atlantis pada zaman dulu adalah sebuah pusat peradaban dunia. Kaya akan sumber daya alam, tanahnya subur dan juga banyak memiliki gunung berapi. Seharunya, setelah mengetahui hal ini, kita sebagai orang Indonesia harus bangga dan tetap rendah diri. Kalaupun seandainya berita ini tidak benar, toh kita harus tetap bersyukur dikaruniai alam yang sangat indah.

Sekarang, soal nasionalisme. Apa sih yang bisa kita lakukan sebagai ramaja? Perang melawan penjajah sudah tidak ada lagi. Jadi gimana? Jujur, saya perhatikan sekarang ini, banyak remaja yang tidak memperhatikan lagi semangat nasionalismenya. Kasihan lo, pahlawan yang sudah berjuang demi kemerdekaan, tapi ternyata sekarang anak mudanya tidak bangga menjadi orang Indonesia. Dan saya juga perhatikan, kita pasti baru akan bersikap sok nasionalis sewaktu sudah ada di negeri orang. Misalnya saja, menangis atau hormat dengan sangat penuh penghayatan pada bendera merah putih. Kenapa jiwa nasionalisme ini baru timbul setelah ada di negeri orang?

Coba perhatikan setiap turis asing yang datang berkunjung ke Indonesia, lalu coba keluarkan keberanian untuk sekedar basa-basi sama mereka. Saya dan beberapa teman saya pernah melakukannya. Memang, sebenarnya dalam rangka tugas sekolah. Tapi, dari sana kami mendapat ilmu baru. Dari beberapa turis yang kami temui, alasan mereka datang ke Indonesia adalah, karena mereka tertarik pada budaya, makanan , tsunami, kesenian daerah, dll. Sewaktu kita tanya, pendapat mereka tentang batik, wah.. mereka sangat antusias menjelaskannya. Mereka bilang, “Oh, iya saya punya 3 buah batik. Itu sangat indah”. Bangga ga sih pas dibilang batik Indonesia bagus?

Sementara kita sebagai orang Indonesia, sepertinya lebih bangga pada produk dari luar negeri dari pada produk negeri sendiri. Hmff..😦 Padahal, saya pikir tidak ada yang salah dengan produk lokal. Indonesia itu kaya akan beragam adat dan budaya. Kita perlu melestarikan dan menjaganya. Jangan baru sok nesionalis saat budaya kita sudah di-claim oleh pihak lain. Kita, sebagai generasi muda Indonesia harusnya membanggakan kreasi dalam negeri. Jangan mau kalah dengan orang luar🙂

Saya bangga tinggal di Indonesia. Kamu?

4 Komentar (+add yours?)

  1. dj focta
    Des 03, 2009 @ 11:43:18

    wah… que suka dgn karangan kmu….
    que jga mau bikin ne…

    Balas

  2. andri
    Des 05, 2009 @ 18:34:32

    hay,slm kenal yah,,
    gue juga ud ikutan klo mau silhkan baca ya artikel gue..

    Balas

Tinggalkan Balasan

