Manfaat Game ; Ternyata Mengurus Kota itu SUSAH!

Mari kita bercerita. Aku ga tau, kalian ngerti atau ga sama maksud aku ini.
Ceritanya, aku main game Metropolis. Semacam game untuk mengurus kota yang kita bikin gitu. Ada penduduk, wilayah, walikota, uang, pajak, happiness, dll. Pokoknya simulasi pengurusan kota deh!
Waktu awal kita mulai game, kita punya modal 200.000 dollar + 1.000 penduduk.
Kuncinya adalah untuk membangun kota Metropolis dengan penduduk dan uang yang banyak. Tapi, tentunya penduduk juga harus senang tinggal di kota kita.
Oke, kita tinggalin dulu itu.
Faktanya, aku belajar ternyata bikin dan ngurus kota itu susah!
Kita harus bisa menyediakan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan jumlah penduduk, pajak yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil (atau kita akan RUGI!), harus punya link ke kota lain juga untuk membantu pembangunan, dsb. Dan juga, salahnya aku, otak aku baru konek sekarang! Yang namanya bangunan itu ada yang pake pajak sama ga pake pajak. Kalau bangunan yang ga pake pajak lebih banyak, sedangkan tingkat ekonomi masyarakat masih relatif rendah. Ini akan membuat kita, yang disini notabene-nya sebagai mayor bakalan nombok! Uang pemerintah juga kepake untuk bayarnya.
Terus, kalau masyarakat stress, mereka ga akan bayar pajak. Selain itu, kita emang perlu punya pabrik, pabrik menyerap banyak lapangan kerja. Tapi kita harus memperhatikan kesehatan juga. Repot kan?
Sekarang kalau dihubungkan sama kondisi Indonesia yang *ehm!* kayaknya ga jauh beda ya?
Susah kalau udah punya hutang sana sini. Mending game bisa kita restart. Kalau negara asli, masa mau di-restart? kan ga bisa semudah itu tau!
Btw, aku lagi mau sok iklan ah! BAYAR PAJAK UNTUK YANG UDAH BERPENGHASILAN! Dari pada duitnya dipake korup, mending dipake untuk bikin fasilitas untuk kita. Iya toh?

Tinggalkan Balasan

