MASA LALU, MASA KINI dan MASA DEPAN

Masa lalu, masa kini dan masa depan. Mungkin ada beberapa orang yang berpikir, ”Masa lalu, lupakan saja” dan ada juga yang berpikir, ”Masa depan, bagaimana nanti saja”.

Sebenarnya, menurut saya, masa lalu, masa kini dan masa depan memiliki suatu hubungan tersendiri. Maksudnya?
Menurut saya, masa lalu bisa kita jadikan contoh atau guru kita di masa kini. Jadi, sebisa mungkin kita tidak mengulangi kesalahan di masa lalu.
Sedangkan untuk masa kini dan masa depan, saya punya argumen lain. Saya pikir, apa yang kita lakukan di masa sekarang sudah ada jawabannya di masa depan. Semuanya tergantung pada apa yang kita lakukan sekarang.

Saya terkadang suka bingung pada perkataan orang-orang yang mengatakan bahwa masa lalu lebih baik dilupakan saja atau yang suka mengatakan bagaimana nanti. Melupakan masa lalu adalah hal yang sangat disayangkan. Bagaimanapun, masa lalu kita bisa dibilang sejarah perjalanan kita dari awal. Lagi pula, bukankah banyak orang yang bilang bahwa pengalaman adalah guru yang paling baik?

Mengatakan bagaimana nanti. Sempit. Bukan bagaimana nanti, tapi nanti bagaimana. Itu yang guru saya ajarkan pada saya di sekolah. Apa yang kita lakukan sekarang, apa yang kita tanam sekarang pasti akan kita tuai hasilnya nanti. Tergantung pada bibit yang kita tanam.

2 Komentar (+add yours?)

  1. alim
    Feb 13, 2010 @ 10:30:04

    masa lalu adalah masa yang belum berkembang.tetapi masa lalu tempat ayah maupun bunda dilahirkan bagaikan masa lalu adalah ayah dan bunda kita.masa kini adalah masa seakan orang merasa kiamat karena global worming (pemanasan dunia).
    masa depan adalah masa yang sangat mengiurkan,tetapi orang tidak ada yang menyangka bahwa masa depan lebih buruk dari pada masa lalu dan masa kini.

    Balas

  2. alim
    Feb 13, 2010 @ 10:32:30

    masa lalu adalah masa yang belum berkembang.tetapi masa lalu tempat ayah maupun bunda dilahirkan bagaikan masa lalu adalah ayah dan bunda kita.masa kini adalah masa seakan orang merasa kiamat karena global worming (pemanasan dunia).
    masa depan adalah masa yang sangat mengiurkan,tetapi orang tidak ada yang menyangka bahwa masa depan lebih buruk dari pada masa lalu dan masa kini.kenapa?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: